Artikel PWGT

    Bersama dengan segenap perempuan Kristen di seluruh dunia, sebagaimana yang telah dilakukan selama ini setiap tahun, PWGT kembali turut merayakan Hari Doa Sedunia. Sejumlah foto-foto perayaan HDS di lingkup klasis dan jemaat tampak ramai menghiasi sejumlah media sosial dapat memperlihatkan hal tersebut. Ibu-Ibu PWGT, baik di lingkup jemaat ataupun klasis tampak begitu bersemangat dalam merayakan Hari Doa Sedunia dengan balutan busana perempuan Suriname.

    Tema Perayaan HDS tahun 2018 ini, ialah: SEMUA CIPTAAN ALLAH, SUNGGUH AMAT BAIK (Kej. 1:31) dengan menggunakan Tata Liturgi yang disiapkan oleh Komite HDS Suriname. Negara Suriname yang terletak di Bagian Timur Laut Amerika Latin, dengan 90 persen penduduknya berdiam di daerah pantai, kali ini menjadi tema HDS. Kondisi kehidupan perempuan dan anak dengan sejumlah persoalan sosial yang masih membelenggu, menjadi pokok doa dan perhatian dari segenap perempuan Kristen di dunia.

    Hari Doa Sedunia (HDS) sendiri adalah suatu gerakan perempuan kristen di seluruh dunia dari semua latar belakang dan tradisi, yang bersama-sama berkomitmen dalam doa setiap tahun. Lebih dari 170 negara bergabung dalam gerakan HDS yang dimulai pada abad 19 ini, dimana tema dan buku panduannya disiapkan oleh Komite HDS dari negara yang berbeda setiap tahunnya. Perempuan Kristen sedunia memperkokoh iman kepada Tuhan Yesus Kristus, dan membagi pengalaman, penderitaan, kegembiraan, dan harapan. Dalam kebersamaan ini, perempuan menyadari bahwa dirinya adalah bagian dari keutuhan dunia ini, sehingga tidak dapat lagi hidup terisolasi, tersisih dan tertindas. Tujuan utama adalah merayakan bersama, baik kesatuan di dalam Kristus maupun keberagaman dalam latar belakang budaya. Meski pada awalnya perayaan HDS menjadi perayaan kaum perempuan dewasa, tetapi dekade ini telah dirancang juga panduan perayaan HDS untuk pelayanan anak, dengan tujuan mengantar anak-anak berperan aktif dalam gerakan oikumene, serta membentuk kepribadian anak yang mencintai dan menghargai kepelbagaian global dalam kehidupan gereja.

    Ibu Dice Kondorura, Ketua Umum PP-PWGT berharap perayaan HDS ini makin menumbuhkan semangat oikumenis dalam kehidupan setiap anggota PWGT, yang sekaligus juga memiliki kepedulian yang tinggi dalam menjaga segenap ciptaan, termasuk peduli bagi sejumlah perempuan dan anak di berbagai daerah yang juga masih terbelenggu dengan sejumlah masalah sosial.


Kategori Artikel

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'i360' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: